HAID TIDAK LANCAR? HATI – HATI! INI 10 PENYEBABNYA - Website Promotion Situs Promo

Thursday, April 13, 2023

HAID TIDAK LANCAR? HATI – HATI! INI 10 PENYEBABNYA

 

PENYEBAB HAID TIDAK LANCAR. HAID TIDAK LANCAR? HATI – HATI! INI 10 PENYEBABNYA

HAID TIDAK LANCAR? HATI – HATI! INI 10 PENYEBABNYA

Haid atau mestruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada Wanita yang telah mengalami pubertas. Meskipun disebut siklus bulanan, namun Sebagian Wanita ada yang mengalami haid tidak lancar menyebabkan haid tidak selalu datang setiap bulan.

Penyebab haid tidak lancar dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah perubahan hormon estrogen dan progesteron. Haid tidak lancar sering dialami oleh usia remaja dalam masa pubertas dan Wanita mendekati masa menopause.

Siklus haid normal terjadi berbeda – beda pada setiap Wanita, rata -rata terjadi setiap 21- 35 hari. Jika kamu mengalami haid diatas periode ini, barulah siklus haid dianggap tidak normal. Supaya kamu lebih ber hati-hati, berikut inilah penyebab haid tidak lancar:

PENYEBAB HAID TIDAK LANCAR

Seperti yang sudah kita bahas, penyebab utama haid tidak lancar adalah perubahan horman. Tidak hanya itu, ini beberapa kondisi yang menjadi penyebab haid tidak lancar.

1.     Ketidakseimbangan Hormom

Pada masa pubertas dialami oleh usia remaja, mengalami tahapan perubahan fisik dan perubahan hormon estrogen dan progesterone didalam tubuh, itu lah yang menyebabkan sering terjadinya haid tidak lancar.

 

2.     Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang berlebihan dalam waktu yang relatif cepat dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Mengakibatkan tubuh kekurangan hormon estrogen Ketika otak berhenti melepaskan hormon yang mempengaruhi siklus mestruasi.

 

3.     Stres

Stres yang berlebihan juga menjadi faktor penyebab haid tidak lancar. Biasanya stres sering terjadi dikarenakan banyaknya tugas dan pekerjaan yang menumpuk serta adanya masalah didalam kehidupan. Akibatnya, orang yang tingkat stress berlebihan cenderung mengalami haid yang lebih lama dari biasanya.

 

4.     Olahraga Berlebihan

Olahraga menjadi rutinitas yang baik dilakukan untuk Kesehatan tubuh. Tetapi jika dilakukan secara berlebihan dapat membuat tubuh kekurangan energi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang mengatur haid. Akibatnya menjadi penyebab haid tidak lancar dan sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

 

5.     Obesitas

Perubahan berat badan dapat menyebabkan perubahan hormon pada Wanita. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan obesitas memiliki risiko tinggi mengalami haid tidak lancar atau terlambat. Bahkan dapat memicu gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS).

 

 

6.     Konsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu faktor penyebab haid tidak lancar.

Berikut beberapa obat-obatan tertentu yang dapat mempengaruhi siklus haid hingga membuat tidak lancar.

·         Obat pengencer darah, misalnya aspirin

·         Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen

·         Obat tiroid

·         Obat antidepresan

·         Obat epilepsi

·         Obat kemoterapi.

 

7.     Masalah Tiroid

Tiroid adalah kelenjer pada leher yang berbentuk seperti kupu-kupu. Kelenjer ini menghasilkan hormon tiroid yang dapat mempengaruhi siklus haid. Ketika kelenjer tiroid tidak menghasilkan hipotiroidisme yang cukup menstruasi akan menjadi lebih berat dan lebih lama dari biasanya.

 

8.     Endometriosis

Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan dinding rahim (endometrium) di luar rahim. Lokasi pertumbuhan ini bisa meliputi indung telur (ovarium), usus, dan organ dalam rongga panggul. Beberapa gejala yang akan terjadi dapat mengalami perdarahan berat, menstruasi yang lebih lama, perdarahan di antara waktu haid, nyeri buang air besar.

 

9.     PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan kondisi berkembangnya kista (kantong kecil berisi cairan) di ovarium. Sehingga masalah ini menyebabkan kadar testosteron tinggi sehingga mencegah atau menunda terjadinya ovulasi dan menstruasi.

 

PCOS juga dapat ditandai dengan munculnya jerawat, pertumbuhan rambut berlebih, resistensi insulin yang mempengaruhi berat badan, depresi, hingga sulit hamil atau mempertahankan kehamilan.

 

10.Fibroid Rahim

Fibroid Rahim adalah pertumbuhan tumor jinak didinding Rahim nonkanker. Gejalanya termasuk menstruasi yang cukup berat, nyeri panggul, nyeri pinggang yang dapat menjalar ke tungkai bawah dan nyeri saat berhubungan badan.

 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penyebab haid tidak lancar. Jika kamu mengalami tanda-tanda haid tidak lancar segera lakukan cek up ke dokter dan jangan lupa untuk selalu menjaga Kesehatan.

 

 

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda